12 Digital Marketing Tools Terbaru di Tahun 2022

12 Digital Marketing Tools Terbaru di Tahun 2022

Digital Marketing Tools Terbaru di Tahun 2022 --- Secara singkat, Digital Marketing dapat diartikan sebagai proses pemasaran suatu produk maupun jasa lewat internet atau media digital. Tujuannya untuk mendapatkan konsumen baru, "menyapa" kembali konsumen lama, atau hanya sekedar membangun "brand awareness". 

Untuk mencapai "goal" dari digital marketing ini sendiri bukanlah perkara mudah. Bahkan, mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia digital marketing masih harus belajar dan belajar lagi agar hasil yang dicapai lebih maksimal. 

Baca Juga: Tools untuk Para Content Writer

Maka dari itu digital marketer (sebutan untuk mereka-mereka yang melakukan pemasaran lewat media digital) sering menggunakan alat atau tools agar hasil dari yang mereka lakukan lebih maksimal. Berikut beberapa tools yang penulis rekomendasikan untuk kamu yang hendak terjun ke dunia digital marketing.  

  • Google Analytics

    Tool ini digunakan untuk mengetahui aktivitas website kita mulai dari konten yang disukai pengunjung, lokasi pengujung, peramban yang digunakan, jenis media yang digunakan, dan masih banyak lagi, 

  • Google Keyword Planner
    Sesuai dengan namanya, tool ini kita gunakan untuk riset kata kunci (keyword) yang nantinya kita gunakan saat membuat atau mempublikasikan konten SEO. Tool ini dapat diakses lewat Google Ads untuk mengetahui perkiraan penelusuran kata kunci yang sesuai dengan website atau bisnis kita,

  • Google Search Console
    Google Search Console ini digunakan untuk mengetahui performa website di hasil penelusuran Google. Artinya, lewat tool ini kita bisa tahu halaman website kita yang sudah optimal, halaman mana yang perlu dipertahankan atau ditingkatkan, serta halaman mana yang sedang bermasalah dan perlu perbaikan atau optimalisasi,

  • Google Trends
    Tool ini bertujuan untuk mengetahui popularitas kata kunci tertentu di mesin pencarian. Misalnya, "digital marketing", "digital marketing tools", "digital marketing tools terbaru". Dari 3 kata kunci tersebut, kita bisa pastikan bahwa kata kunci terakhir adalah yang paling spesifik, persaingan lebih rendah, namun ada kemungkinan lebih sedikit dicari pengguna. Tidak perlu khawatir, semakin spesifik sebuah kata kunci, sejatinya, lebih baik. Oleh karena itu, perlu riset untuk mengetahui potensi atau popularitas kata kunci tersebut,

  • Canva
    Canva merupakan salah satu tool desain grafis yang sangat berguna untuk digital marketer. Tool ini bisa diakses secara gratis, berbayar, serta pro. Jika kamu belum familiar dengan Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, atau yang lain, Canva ini menjadi alternatif bagi kamu,

  • Smartlook
    Tool ini digunakan untuk menganalisis dan merekam kebiasaan dari pengunjung website atau aplikasi mobile.

  • QuillBot
    Tool ini digunakan untuk parafrasa atau paraphrase artikel yang sudah menggunakan kecerdasan mutakhir. QuilBot ini tersedia secara gratis maupun premium,

  • Picmakers
    Picmakers biasa digunakan untuk membuat Tumbnail Youtube, Logo, Banner Youtube, template desain, dan lain sebagainya. Tool ini berbeda dengan Canva namun memiliki fungsi yang hampir sama. Tidak salah untuk mencoba keduanya, 

  • Pexels
    Pexels merupakan penyedia gambar atau foto gratis yang tidak terkena klaim hak cipta. Bagi kamu yang hobi menulis atau nge-blog, tidak salah untuk coba tool ini, 

  • Hootsuite
    Tool ini digunakan untuk tujuan manajemen beberapa media sosial secara bersamaan. Untuk kamu yang memiliki bisnis online dan ingin meminimalisir biaya untuk gaji pegawai, silakan menggunakan tool ini,

  • Right Relevance
    Tool ini sangat bermanfaat untuk mengetahui artikel dan influencer yang relevan dengan interest dan bisnis kamu. Dengan mengetik kata kunci, maka kamu akan disuguhi artikel dan influencer
     yang populer atau viral.

Baca Juga: Cara Mudah Mencari Loker di LinkedIn

Demikianlah Alat atau Tool Digital Marketing Terbaru yang bisa kamu coba. Silakan dipilih mana yang paling cocok dengan bisnis atau kegiatan kamu sekarang. Untuk informasi serupa silakan kunjungi "TIPS DIGITAL MARKETING". Jika ingin membaca tip lain, silakan mengunjungi "TIPS TERBARU". Jangan lupa di share ya..

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Tingkatan Koneksi di LinkedIn

Monetisasi Facebook: Seberapa Pentingkah Caption Postingan, Reel dan Video?

Monetisasi Facebook: Seberapa Pentingkah CTA (Call to Action)?

CONTOH ESAI: SALING SINERGI ANTAR LINTAS SEKTORAL LEMBAGA NEGARA UNTUK MENJADIKAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA

10 Tips Makan Sehat untuk Mahasiswa "Super Sibuk"

Monetisasi Facebook: Memahami Niche Konten dan Perannya Dalam Meningkatkan Pengikut

CerMot: Cerita Tentang Gelas Berisi Air