CerMot: Cerita Tentang Gelas Berisi Air

 

CerMot: Cerita Tentang Gelas Berisi Air

Suatu ketika seorang profesor psikologi sedang mengajarkan prinsip-prinsip manajemen stres di sebuah auditorium yang dipenuhi oleh mahasiswa.

Saat dia mengangkat segelas air, para mahasiswa mengira mereka akan ditanyai pertanyaan klasik, “gelas setengah kosong atau gelas setengah penuh”.

Namun, sang professor dengan senyuman di wajahnya malah bertanya, “Berapa berat segelas air yang saya pegang ini?”

Mahasiswa memberikan jawaban ngasal, mulai dari delapan ons, 15 ons, hingga 20 ons.

Dia menjawab, “Dari sudut pandang saya, berat absolut gelas ini tidaklah masalah. Itu semua tergantung berapa lama saya memegangnya. Kalau saya pegang satu atau dua menit, cukup sakit. Jika saya memegangnya selama satu jam berturut-turut, beratnya mungkin akan membuat lengan saya sedikit keram.”

Baca Juga: Nelayan Desa dan Seorang Pakar Bisnis

“Jika saya memegangnya selama sehari berturut-turut, lengan saya kemungkinan besar akan kram dan mati rasa, sehingga memaksa saya menjatuhkan gelas tersebut ke lantai. Dalam setiap kasus, berat kacanya tidak berubah, namun semakin lama saya memegangnya, semakin berat rasanya bagi saya.”

Ketika seluruh kelas menggeleng setuju, dia melanjutkan, “Stres dan kekhawatiran Anda dalam hidup sangat mirip dengan segelas air ini. Pikirkan tentang mereka sebentar dan tidak akan terjadi apa-apa. Pikirkan tentang hal itu sedikit lebih lama dan Anda mulai merasa sedikit sakit. Memikirkannya sepanjang hari, dan Anda akan merasa mati rasa dan lumpuh – tidak ada pilihan selain melepaskannya.”

Sangat penting untuk melepaskan stres dan kekhawatiran anda. Apapun yang terjadi hari ini, biarkanlah berlalu jika itu tidak membuatmu senang, Bahagia, atau bertumbuh. Seperti kata lirik lagu, “Yang lalu biarlah berlalu.”

Lihat Juga: Cek Sertifikat Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mempromosikan Kegiatan, Lomba, Kompetisi, Olimpiade, Seminar, Workshop, event besar

Rekomendasi Catering Halal dan Higienis di Jakarta Untuk Para Wanita Karir

CONTOH ESAI: SALING SINERGI ANTAR LINTAS SEKTORAL LEMBAGA NEGARA UNTUK MENJADIKAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA

CONTOH ESAI TENTANG PENDIDIKAN: "DEVELOPMENT LEARNING"

CONTOH ESAI: MODIFIKASI BONGGOL JAGUNG DAN PISANG KUNING SEBAGAI BAHAN PANGAN ALTERNATIF

CONTOH ESAI TENTANG PENGUATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI 'HOME INDUSTRY'

CONTOH ESAI GAGASAN UNTUK LOMBA NASIONAL & INTERNASIONAL