Monetisasi Facebook: Seberapa Pentingkah Caption Postingan, Reel dan Video?

 

Monetisasi Facebook: Seberapa Pentingkah Caption Postingan, Reel dan Video?

Baru-baru ini, banyak konten kreator yang membagikan konten-konten mereka. Dan itu menunjukkan betapa antusiasnya mereka ingin menjadi konten kreator. Beberapa dari mereka memposting dengan rapi dan sudah memahami jam publikasi yang tepat (nanti akan kita bahas di artikel selanjutnya). Namun masih banyak yang asal posting, bahkan tidak menggunakan caption atau keterangan.

Seberapa Pentingkah Caption untuk Postingan, Reel dan Video? Sangat penting. Sebelumnya kita sudah bahas bagaimana caption bisa menghindari deteksi spam kalau kita mau membagikan postingan ke berbagai group Facebook (Silakan Membaca Disini). Selain itu caption juga sangat berpengaruh dalam mendorong pengguna untuk melihat, membaca, menonton postingan anda. 

Pengguna media sosial yang sangat ingin serba praktis, sangat membutuhkan caption untuk membuat dia tertarik menonton secara keseluruhan video. Di caption juga anda bisa memberikan hook atau pemancing agar mereka penasaran. Namun, jangan clickbait ya, karena bisa membahayakan (nanti kita akan bahas soal clickbait DISINI).


Kemudian, sebuah caption juga merupakan wadah anda untuk menjelaskan ciri khas konten atau halaman anda. Lebih terpersonalisasi. Artinya, lewat caption kita bisa menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pengguna lain. Misal anda menyebut atau memanggil mereka sebagai bestie, bro dan sist, teman-teman, atau yang lain. Semakin dekat hubungan kita dengan pengguna lain (dalam hal berkomunikasi), maka semakin berpotensi kita diikuti, postingan kita disukai, dan lain-lain.

Terakhir, melalui caption, kita bisa menambahkan hashtag atau tagar (tanda pagar) yang sangat membantu dalam meningkatkan penayangan dan potensi diikuti. Hashtag yang kita gunakan mestinya sesuai dengan isi konten agar pengguna tidak kecewa kalau mendapati konten yang tidak sesuai. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar hashtag yang kita gunakan efektif, populer, dan menguntungkan bagi kita. Nanti akan kita jabarkan lagi tentang hashtag di segmen Hashtag.  


Untuk menyimpulkan, caption merupakan salah satu hal penting yang wajib kita manfaatkan. Selain membantu kita dalam menjangkau lebih banyak pengguna, hal ini juga membantu kita membangun komunikasi atau hubungan yang lebih baik dengan pengikut atau penayang. Usahakan agar caption kita itu menarik dan mudah dipahami ya. 

Nah, segitu dulu yang bisa kami bagikan saat ini. Silakan diperhatikan dan dipraktekkan dengan baik. Jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman biar mereka lebih paham lagi.

Konten terbaru dan yang lainnya bisa dilihat DISINI. Jika tertarik untuk berbagi konten dengan bebas, bisa bergabung di Grup Facebook Sesama Konten Kreator atau Grup Komunitas Konten Kreator di WhatsApp. Salam kreator.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mempromosikan Kegiatan, Lomba, Kompetisi, Olimpiade, Seminar, Workshop, event besar

Rekomendasi Catering Halal dan Higienis di Jakarta Untuk Para Wanita Karir

CONTOH ESAI: SALING SINERGI ANTAR LINTAS SEKTORAL LEMBAGA NEGARA UNTUK MENJADIKAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA

CONTOH ESAI TENTANG PENDIDIKAN: "DEVELOPMENT LEARNING"

CONTOH ESAI: MODIFIKASI BONGGOL JAGUNG DAN PISANG KUNING SEBAGAI BAHAN PANGAN ALTERNATIF

CONTOH ESAI TENTANG PENGUATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI 'HOME INDUSTRY'

CONTOH ESAI GAGASAN UNTUK LOMBA NASIONAL & INTERNASIONAL