Monetisasi Facebook: Seberapa Pentingkah CTA (Call to Action)?

 Monetisasi Facebook: Seberapa Pentingkah CTA (Call to Action)?

Kata Call to Action mungkin tidak terlalu populer bagi anda, namun hal ini yang penting. Selain untuk menambah penayangan konten, penambah pengikut atau follower, hal ini juga menunjukkan kalau konten kita profesional, tertata rapi, dan rugi kalau tidak diikuti. 

Call to action ini dapat diartikan sebagai gambar, tulisan, atau ucapan yang mendorong orang lain atau pemirsa untuk melakukan sebuah tindakan. Baik untuk menyukai halaman, mengikuti akun, membagikan konten, menyukai konten, membeli produk, mengunjungi website, dan masih banyak lagi.

Para konten kreator perlu menyadari pentingnya hal ini, serta paham CTA yang sesuai dengan tujuan. Jika tujuan anda untuk menambah pengikut atau follower (pengikut netto warna hijau), maka CTA yang bisa anda gunakan bisa berupa: "jangan lupa untuk ikuti saya", "ikuti saya untuk konten yang sama", "follow saya untuk konten menarik lainnya", dan masih banyak lagi.

Lihat Juga: 5 Alat Marketing Media Sosial Terbaru Untuk Bisnis Online

Jika anda ingin menambah view atau penayangan, maka CTA seperti "share video ini kepada teman-temanmu", "jangan lupa share ya", "yuk berbagi karena berbagi itu indah", dan masih banyak lagi. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan pemirsa anda. 

Bagaimana meletakkan CTA agar sesuai? Sebenarnya, tidak ada keharusan CTA harus diletakkan di awal, tengah, atau akhir video, ataupun caption. Selagi momentumnya pas, ya tidak masalah jika ingin meletakkannya dimanapun.

Pada umumnya, CTA bisa kita buat di videonya langsung dan di caption atau keterangan video. Salah satu atau keduanya juga tidak masalah. Contohnya bisa anda lihat dibawah ini:

1. CTA di 5 detik sebelum video berakhir (hanya di konten, tidak di caption) 

   2. CTA di Foto Terakhir (di konten/postingan dan di caption)

Meskipun contoh yang kami buat diatas hanyalah postingan di Instagram, namun konten tersebut juga sudah dibagikan ke Facebook. Jadi bisa ditiru caranya dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Baca Juga: Seberapa Pentingkah Caption Postingan, Reel dan Video?

Nah, segitu dulu yang bisa kami bagikan saat ini. Silakan diperhatikan dan dipraktekkan dengan baik. Jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman biar mereka lebih paham lagi. 

Konten terbaru dan yang lainnya bisa dilihat DISINI. Jika tertarik untuk berbagi konten dengan bebas, bisa bergabung di Grup Facebook Sesama Konten Kreator atau Grup Komunitas Konten Kreator di WhatsApp. Salam kreator.

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Catering Halal dan Higienis di Jakarta Untuk Para Wanita Karir

Cara Mempromosikan Kegiatan, Lomba, Kompetisi, Olimpiade, Seminar, Workshop, event besar

CONTOH ESAI: SALING SINERGI ANTAR LINTAS SEKTORAL LEMBAGA NEGARA UNTUK MENJADIKAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA

CONTOH ESAI TENTANG PENDIDIKAN: "DEVELOPMENT LEARNING"

CONTOH ESAI: MODIFIKASI BONGGOL JAGUNG DAN PISANG KUNING SEBAGAI BAHAN PANGAN ALTERNATIF

CONTOH ESAI TENTANG PENGUATAN PEREKONOMIAN DESA MELALUI 'HOME INDUSTRY'

CONTOH ESAI GAGASAN UNTUK LOMBA NASIONAL & INTERNASIONAL